Senin, 16 Januari 2017

RESUME MATERI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN



SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN
OLEH : SUNDARI YULIANINGSIH

A. Pengertian Sistem Informasi Pendidikan
1.  Sistem
Sistem adalah Seperangkat unsur yang saling berhubungan.
2.  Informasi
Informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat ini maupun saat mendatang.
3.  Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya (UU No. 20 tahun 2003).
Jadi Sistem Informasi Pendidikan adalah perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi untuk memilih, menyimpan, mengolah dan mengambil kembali daya, dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan bidang pendidikan.
B. Kemampuan utama system informasi
Ada beberapa kemampuan utama yang dimiliki system informasi:
1.    Melaksanakan komputasi numerit, bervolume besar, dan dengan keputusan tinggi.
2.    Menyediakan komunikasi dalam atau antar organisasi.
3.    Menyimpan informasi yang mudah di akses.
4.    Meningkatkan efesiensi dan efektivitas;
a.    Menyajikan informasi yang jelas.
b.    Mengotomatisasi proses yang tadinya dikerjakan manual.
c.    Memepercepat peningkatan dan editing.
d.    Pembiayaan menjadi lebih murah.

C. Interaksi Sistem Informasi-Teknologi Pendidikan
   Struktur Organisasi
 



Strategi Pengelolaan                      Proses Pendidikan                  Sistem dan Teknologi Informasi   
 


                                                               Orang dan Budaya

D. Peran Sitem Informasi
Sitem informasi memiliki beberapa peran, yaitu:
1.  Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas.
2.  Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam sebuah sub system.
3.  Mengkoordinasikan sub-sub system.
4.  Mengintegrasikan sub-sub system.

E. Sumber daya dalam suatu pengelolaan
                                4M+1 I

1.    Manusia
2.    Material
3.    Mesin
4.    Modal
5.    Informasi

F.   Data dan Informasi
1.    Data
Data adalah deskripsi tetang benda, kejadian, aktifitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.
Yang termasuk data adalah:
a.    Data terformat
b.    Teks
c.    Citra
d.    Vidio
2.    Informasi
Informasi adalah data yang telah diproses sehingga meningkatkan pengetahuan.

         Masukan                                          Proses                                          Keluaran
       
 

            Data                                            Basis data                                   Penerimaan

 

           Hasil                                                                                    Tindakan Keputusan

Ø  Ciri-ciri Informasi
        Ada beberapa ciri-ciri informasi, yaitu:
1.    Benar atau salah (benar terhadap kenyataan)
2.    Baru (informasi benar-benar baru bagi si penerima)
3.    Tambahan (informasi tambahan)
4.    Kolektif (koreksi informasi yang salah atau kurang)
5.    Penegas (informasi yang menguatkan)

G. Pengetahuan
        Pengetahuan adalah kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan (Alter, 1992).

                                     Akumulasi pengetahuan

 


                                                   Pengetahuan
 




        Data                                 Memformat,                                        Menerjemahkan,                                  Hasil
                                          memilih, meringkas                         memutuskan, bertinda



Ø  Konsep dasar system
                                    Pendekatan prosedur                                 kumpulan dari aturan-aturan
System
                                    Pendekatan komponen

H. Manfaat system Informasi untuk pendidiakan
        beberapa manfaat system informasi untuk pendidikan, yaitu:
1.    Keberadaan teknologi informasi dirasakan sangat perlu dan membantu pelaksanaan disekolah.
2.    Meningkatkan daya saing disekolah juga dapat meningkatkan pelayanan bagi peserta didik.
3.    Dapat memberikan contoh langsung salah satu penerapan dan pemanfaatan TIK dalam sehari hari.
4.     Menyederhanakan dan mempermudah kegiatan belajar mengajar disekolah.
5.    Mempercepat pelayanan.
6.    Informasi dapat menyeluruh.
7.    Tidak harus bertatap muka, bias dengan online, mandiri dengan bantuan computer.

I.    Kendala dalam Sistem Informasi Pendidikan
Beberapa kendala yang terdapat dalam system informasi pendidikan, yaitu:
1.    Masih belum memadainya sarana dan prasarana.
2.    SDM minim menguasai konsep dan implementasi system dan informasi.
3.    Belum adanya aturan jelas dari pemerintah.
4.    Etika dan moralitas belum mendapat tempat yang memadai.
5.    Sulit mengubah siswa yang cenderung pasif.

J.  System Informasi
        System informasi adalah sekumpulan prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yaitu memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikan organisasi.

Sistem Informasi, Organisasi, dan strategi organisasi


 




Factor penengah

Lingkungan
Budaya
Struktur
Organisasi                                                         Proses bisnis                                       Teknologo
                                                                       Polotik                                              Informasi
Keputusan
Manajemen









K. Ciri-ciri organisasi
Adapun ciri-ciri organisasi, yaitu:
1.    Rutinitas dan proses
2.    Politik organisasi
3.    Budaya organisasi
4.    Lingkungan organisas
5.    Struktur organisasi

L.  Tipe-tipe organisasi
5 tipe organisas, yaitu:
1.    Struktur usahawan, contoh; usaha kecil.
2.    Birokrasi mesin, contoh; pabrik (produksi standar)
3.    Birokrasi divisional, contoh; usaha yang mempunyai cabang (Alfamart, indomart, kfc dll).
4.    Birokrasi professional, barang produksi, atau jasa tergantung para ahli, contoh; rumah sakit.
5.    Adhokrasi memberikan layanan untuk jasa konsultan, contoh; psikologi, loyer dll.

M. Pengaruh Sistem informasi dalam organisasi
1.    SI telah menjadi alat integral online dan interaktif yang sangat terlibat pada kegiatan operasional suatu organisasi.
2.    SI mengubah ekonomi organisasi dan meningkatkan kemungkinan mengelola pekerjaan.
·      Dampak TI dalam ekonomi:
a.    TI mempengaruhi biaya, yaitu mengurangi biaya transaksi.
b.    TI mengurangi biaya internal.
·      Dampak TI dalam organisasi dan perilaku
a.    TI meratakan organisasi
b.    Memehami penolakan organisasi terhadap perubahan penggunaan internet.

N. Rancangan dan pemahaman Sistem Informasi
1.    Lingkungan dimata organisasi berfungsi.
2.    Struktur organisasi.
3.    Budaya politik organisasi.
4.    Jenis organisasi dan gaya kepemimpinan.
5.    Kelompok kepentingan utama yang dipengaruhi.

O. Karakteristik structural semua organisasi
1.    Pembagian tenaga kerja secara jelas.
2.    Hierarki.
3.    Prosedur dan aturan yang eksplisit.
4.    Keputusan-keputusan yang bersifat netral.
5.    Dasar kualifikasi teknis untuk posisi jabatan.
6.    Efisiensi organisasi maksimum.

P. Strategi Sistem Informasi untuk berhubungan dengan daya kompetisi
1.    Kepemimpinan profesioanal.
2.    Diferensiasi produk.
3.    Berfokus pada peluang pasar.

Q. Pendapat tentang Sistem informasi pendidikan
        Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting.
        Bishop G (1989), meramalkan masa mendatang pendidikan akan bersifat luwes (flexibel), terbuka dan dapat di akses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang factor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.

R. Aplikasi system informasi dalam pendidikan
1.    Dapat menyebarkan informasi secara luas, seragam dan cepat.
2.    Dapat membantu, melengkapi dan menggantikan tugas guru bila diperlukan.
3.    Dapat menunjang kegiatan belajar masyarakat, serta mengajak partisipasi masyarakat.
4.    Dapat menambah keanekaragaman sumber maupun kesempatan belajar.
5.    Dapat menambah daya tarik untuk belajar.
6.    Dapat menghemat biaya.

·         Alternative model kegiatan belajar
a.    Belajar secara konvensional.
b.    Belajar secara tatap muka sebagian internet.
c.    Belajar sepenuhnya internet.

·         Permasalahan yang muncul dalam SIP
       Dengan adanya informasi dan teknologi peserta didik sudah mulai dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh system informasi akademik.
·         Manfaat E-Education
a.    Bisa digunakan pendidikan jarak jauh, yaitu mempermudah dalam pembelajaran lewat internet.
b.    Interaksi dalam group, yaitu para siswa dapat berinteraksi satu sama lain mendiskusikan materi yang diberikan guru.
c.    System administrasi mahasiswa.
d.    Pengalaman materi dan ujian.
e.    Perpus digital.
f.     Materi online diluar materi kuliah.

·         Permasalahan SIP dalam mutu
      Permasalahan lain muncul ketika peserta didik sudah mulai dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh system informasi akademik ketika system tersebut memiliki suatu kekurangan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar