SISTEM
INFORMASI PENDIDIKAN
OLEH : SUNDARI YULIANINGSIH
A. Pengertian Sistem Informasi Pendidikan
1.
Sistem
Sistem adalah
Seperangkat unsur yang saling berhubungan.
2.
Informasi
Informasi adalah data
yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan
memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat
ini maupun saat mendatang.
3.
Pendidikan
Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya (UU
No. 20 tahun 2003).
Jadi
Sistem Informasi Pendidikan adalah perpaduan antara sumber daya manusia dan
aplikasi teknologi untuk memilih, menyimpan, mengolah dan mengambil kembali
daya, dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan bidang pendidikan.
B.
Kemampuan
utama system informasi
Ada beberapa
kemampuan utama yang dimiliki system informasi:
1.
Melaksanakan komputasi numerit,
bervolume besar, dan dengan keputusan tinggi.
2.
Menyediakan komunikasi dalam atau
antar organisasi.
3.
Menyimpan informasi yang mudah di
akses.
4.
Meningkatkan efesiensi dan
efektivitas;
a.
Menyajikan informasi yang jelas.
b.
Mengotomatisasi proses yang tadinya
dikerjakan manual.
c.
Memepercepat peningkatan dan editing.
d.
Pembiayaan menjadi lebih murah.
C.
Interaksi
Sistem Informasi-Teknologi Pendidikan
Struktur Organisasi
Strategi
Pengelolaan Proses Pendidikan Sistem dan Teknologi
Informasi
Orang dan Budaya
D. Peran Sitem Informasi
Sitem informasi
memiliki beberapa peran, yaitu:
1.
Berpartisipasi dalam pelaksanaan
tugas-tugas.
2.
Mengaitkan perencanaan, pengerjaan,
dan pengendalian dalam sebuah sub system.
3.
Mengkoordinasikan sub-sub system.
4.
Mengintegrasikan sub-sub system.
E. Sumber daya dalam suatu pengelolaan
4M+1
I
1.
Manusia
2.
Material
3.
Mesin
4.
Modal
5.
Informasi
F. Data
dan Informasi
1.
Data
Data adalah deskripsi
tetang benda, kejadian, aktifitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau
tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.
Yang termasuk data adalah:
a.
Data terformat
b.
Teks
c.
Citra
d.
Vidio
2.
Informasi
Informasi adalah data yang telah diproses sehingga
meningkatkan pengetahuan.
Masukan Proses
Keluaran
Data Basis data Penerimaan
Hasil Tindakan
Keputusan
Ø Ciri-ciri
Informasi
Ada beberapa
ciri-ciri informasi, yaitu:
1.
Benar atau salah (benar terhadap
kenyataan)
2.
Baru (informasi benar-benar baru bagi
si penerima)
3.
Tambahan (informasi tambahan)
4.
Kolektif (koreksi informasi yang salah
atau kurang)
5.
Penegas (informasi yang menguatkan)
G. Pengetahuan
Pengetahuan adalah kombinasi dari
naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan
(Alter, 1992).
Akumulasi pengetahuan
Pengetahuan
Data Memformat, Menerjemahkan, Hasil
memilih, meringkas memutuskan, bertinda
Ø Konsep
dasar system
Pendekatan prosedur kumpulan
dari aturan-aturan
System
Pendekatan komponen
H. Manfaat system Informasi untuk
pendidiakan
beberapa
manfaat system informasi untuk pendidikan, yaitu:
1.
Keberadaan teknologi informasi
dirasakan sangat perlu dan membantu pelaksanaan disekolah.
2.
Meningkatkan daya saing disekolah juga
dapat meningkatkan pelayanan bagi peserta didik.
3.
Dapat memberikan contoh langsung salah
satu penerapan dan pemanfaatan TIK dalam sehari hari.
4.
Menyederhanakan dan mempermudah kegiatan belajar
mengajar disekolah.
5.
Mempercepat pelayanan.
6.
Informasi dapat menyeluruh.
7.
Tidak harus bertatap muka, bias dengan
online, mandiri dengan bantuan computer.
I.
Kendala
dalam Sistem Informasi Pendidikan
Beberapa kendala yang
terdapat dalam system informasi pendidikan, yaitu:
1.
Masih belum memadainya sarana dan
prasarana.
2.
SDM
minim menguasai konsep dan implementasi system dan informasi.
3.
Belum adanya aturan jelas dari
pemerintah.
4.
Etika dan moralitas belum mendapat
tempat yang memadai.
5.
Sulit mengubah siswa yang cenderung
pasif.
J.
System
Informasi
System informasi adalah sekumpulan
prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yaitu
memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikan
organisasi.
Sistem Informasi,
Organisasi, dan strategi organisasi
Factor penengah
Lingkungan
Budaya
Struktur
Organisasi Proses bisnis Teknologo
Polotik
Informasi
Keputusan
Manajemen
K.
Ciri-ciri
organisasi
Adapun ciri-ciri
organisasi, yaitu:
1.
Rutinitas dan proses
2.
Politik organisasi
3.
Budaya organisasi
4.
Lingkungan organisas
5.
Struktur organisasi
L.
Tipe-tipe
organisasi
5 tipe organisas,
yaitu:
1.
Struktur usahawan, contoh; usaha
kecil.
2.
Birokrasi mesin, contoh; pabrik
(produksi standar)
3.
Birokrasi divisional, contoh; usaha
yang mempunyai cabang (Alfamart, indomart, kfc dll).
4.
Birokrasi professional, barang
produksi, atau jasa tergantung para ahli, contoh; rumah sakit.
5.
Adhokrasi memberikan layanan untuk
jasa konsultan, contoh; psikologi, loyer dll.
M.
Pengaruh
Sistem informasi dalam organisasi
1.
SI telah menjadi alat integral online
dan interaktif yang sangat terlibat pada kegiatan operasional suatu organisasi.
2.
SI mengubah ekonomi organisasi dan
meningkatkan kemungkinan mengelola pekerjaan.
·
Dampak TI dalam ekonomi:
a.
TI mempengaruhi biaya, yaitu
mengurangi biaya transaksi.
b.
TI mengurangi biaya internal.
·
Dampak TI dalam organisasi dan
perilaku
a.
TI meratakan organisasi
b.
Memehami penolakan organisasi terhadap
perubahan penggunaan internet.
N.
Rancangan
dan pemahaman Sistem Informasi
1.
Lingkungan dimata organisasi
berfungsi.
2.
Struktur organisasi.
3.
Budaya politik organisasi.
4.
Jenis organisasi dan gaya
kepemimpinan.
5.
Kelompok kepentingan utama yang
dipengaruhi.
O.
Karakteristik
structural semua organisasi
1.
Pembagian tenaga kerja secara jelas.
2.
Hierarki.
3.
Prosedur dan aturan yang eksplisit.
4.
Keputusan-keputusan yang bersifat
netral.
5.
Dasar kualifikasi teknis untuk posisi
jabatan.
6.
Efisiensi organisasi maksimum.
P.
Strategi
Sistem Informasi untuk berhubungan dengan daya kompetisi
1.
Kepemimpinan profesioanal.
2.
Diferensiasi produk.
3.
Berfokus pada peluang pasar.
Q.
Pendapat
tentang Sistem informasi pendidikan
Tony Bates (1995) menyatakan bahwa
teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak
untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting.
Bishop G (1989), meramalkan masa
mendatang pendidikan akan bersifat luwes (flexibel), terbuka dan dapat di akses
oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang factor jenis, usia, maupun
pengalaman pendidikan sebelumnya.
R.
Aplikasi
system informasi dalam pendidikan
1.
Dapat menyebarkan informasi secara
luas, seragam dan cepat.
2.
Dapat membantu, melengkapi dan
menggantikan tugas guru bila diperlukan.
3.
Dapat menunjang kegiatan belajar
masyarakat, serta mengajak partisipasi masyarakat.
4.
Dapat menambah keanekaragaman sumber
maupun kesempatan belajar.
5.
Dapat menambah daya tarik untuk
belajar.
6.
Dapat menghemat biaya.
·
Alternative model kegiatan belajar
a.
Belajar secara konvensional.
b.
Belajar secara tatap muka sebagian internet.
c.
Belajar sepenuhnya internet.
·
Permasalahan yang muncul dalam SIP
Dengan
adanya informasi dan teknologi peserta didik sudah mulai dimanjakan dengan
berbagai kemudahan yang diberikan oleh system informasi akademik.
·
Manfaat E-Education
a.
Bisa digunakan pendidikan jarak jauh,
yaitu mempermudah dalam pembelajaran lewat internet.
b.
Interaksi dalam group, yaitu para
siswa dapat berinteraksi satu sama lain mendiskusikan materi yang diberikan
guru.
c.
System administrasi mahasiswa.
d.
Pengalaman materi dan ujian.
e.
Perpus digital.
f.
Materi online diluar materi kuliah.
·
Permasalahan SIP dalam mutu
Permasalahan lain muncul ketika peserta didik sudah mulai dimanjakan
dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh system informasi akademik ketika
system tersebut memiliki suatu kekurangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar