Minggu, 15 Januari 2017

Tugas ujian tengah semester



Tugas ujian tengah semester
Mata Kuliah : Pengembangan Sistem Evaluasi
Dosen Pengampu : Imam Faizin, S.S, S.Pd.I., M.S.I

Description: F:\Foto\logo STIT Warna.jpg

Sundari Yulianingsih
(3130010)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
PEMALANG
Tahun Ajaran 2015/2016

1.      Dalam pembelajaran perlu dilaksanakan penilaian karena untuk memperoleh, menganalisa dan menafsirkan proses dan hasil belajar siswa, penilaian tersebut dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
2.      Taksonomi Bloom
a.       Ranah kognitif (al Nahiyah al fikriyah)
Ranah kognitif merupakan ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Ranah ini meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari, yang berkenaan dengan kemampuan berpikir, kompetensi memperoleh pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran.
b.      Ranah Afektif (Al Nahiyah Al Mauqifiyah)
Ranah afektif merupakan ranah yang berkaitan dengan sikap, nilai perasaan, emosi serta derajat penerimaan atau penolakan suatu objek dalam kegiatan belajar mengajar.
c.       Ranah Psikomotorik (Al Nahiyah Al Harakah)
Ranah psikomotori merupakan ranah yang berkaiatan dengan keterampilan atau kemampuan bertindak setelah seseorang mendapatkan pengetahuan atau menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah ini meliputi kompetensi melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan serta kompetensi yang berkaitan dengan gerak fisik (motoric) yang terdiri dari gerakan reflex, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan interperatif.
3.      Pengertian evaluasi:
a.       Evaluasi non tes adalah penilaian yang mengukur kemampuan siswa secara langsung dengan tugas-tugas real dalam proses pembelajaran. Missal;keterampilan menulis dll.
b.      Evaluasi angket adalah sebuah set pertanyaan yang secara logis berhubungn dengan masalah penelitian, dan tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makan dalam menguji hipotesis. Daftar tersebut dibuat cukup terperinci dan lengkap.
c.       Evaluasi rubric adalah panduan penilaian yang menggambarkan kriteria yang diinginkan guru dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil pekerjaan sisiwa. Rubric perlu memuat daftar karakteristik yang diinginkan yang perlu ditunjukan dalam suatu pekerjaan siswa disertai dengan panduan untuk mengevaluasi masing-masing karakteristik tersebut.
d.      Evaluasi jurnal adalah catatan, pendidik selama proses pembelajaran yang berisi informasi hasil pengamtan terhadap kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan kinerja ataupun sikap dan perilaku peserta didik yang dipaparkan secara deskriptif.
e.       Evaluasi portofolio adalah kumpulan dokumen dan karya karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan.
f.       Evaluasi observasi adalah penilaian yang dilakukan melalui pengamatan terhadap peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung dan atau diluar kegiatan pembelajaran.
g.      Evaluasi wawancara adalah penilaian non tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu tentang keadaan responden dengan jalan Tanya jawab sepihak, atau dengan kata lain wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilakukan dengan cara tanya jawab sepihak secara lisan.
Contoh instrument PAI penilaian angket:
Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya, dengan memberi tanda (v) pada     kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan:
SS: Sangat Sesuai
S  : Sesuai
KS: Kurang Sesuai
TS: Tidak Sesuai
STS: Sangat Tidak Sesuai
Penyataan : ketika menafsirkan ayat Al-Quran surat Al-Kafirun, saya sulit memahami maksud dan arti surat tersebut.


Jawaban:
SS              S          KS       TS        STS    
                              V

4.      Sikap sosial
Sikap sosial yang diamati, meliputi:
1.      Jujur
2.      Disiplin
3.      Tanggung jawab
4.      Santun
Rubric penilaian sikap sosial
kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang

4
3
2
1
Jujur
Tindakan selalu sesuai dengan ucapan.
Tindakan kadang-kadang sesuai dengan ucapan
Tindakan kurang sesuai dengan ucapan.
Tindakan tidak sesuai dengan ucapan.
Disiplin
Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri.
Mampu menjalankan aturan dengan pengarahan guru.
Kurang mampu menjalankan.
Belum mampu menjalankan aturan.
Tanggung jawab
Tertib mengikuti instruksi dan selesai tepat waktu.
Tertib mengikuti instruksi dan selesai tidak tepat waktu
Kurang mengikuti instruksi dan selesai tidak tepat waktu.
Tidak tertib dan tidak menyelesaikan tepat waktu
Santun
Berbahasa positif dan bersikap sopan
Berbahasa positif tapi bersikap kurang sopan
Berbahasa  negative dan bersikap kurang sopan
Berbahasa negative dan tidak sopan



Contoh nilai sikap silfi:
Ananda sudah bisa menunjukan perilaku disiplin yang baik, dan masih memerlukan bimbingan dalam bertanggung jawab dan jujur.
Format rekap nilai sikap sosial:
No
Nama

     Sumber
penilaian

Skala

Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggungjawb
dsb
Predikat
1.
Silfa
3
3
3

3 (B)
2.
Harun
2
3
2

      2 (C)


5.      Kisi-kisi soal iman kepada qada dan qadar

No
Kompetensi dasar
Materi
Indikator
Bentuk soal
No. soal
1.























2.
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qada dan qadar.




















Menerapkan hikmah kepada qada dan qadar.
Iman kepada qada dan qadar





·         Siswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian iman kepada qada dan qadar.







·         Siswa mampu memahami dan menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qada dan qadar.




·         Siswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qada dan qadar,

·     Pilda






·     Menjodohkan

·     Isian singkat

·     Essay


·     Pilihan ganda



·     Menjodohkan


·     Isian singkat

·     Essay

·     Pilihan ganda


·     Menjodohkan

·     Isian singkat

·     Essay
1, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 10, 13, 14, 15, 17, 22, 23, 24
4, 5, 6, 10. 
6, 7, 8, 9, 10
1

2, 8, 11, 12, 15, 18, 19
1, 3, 7, 8, 9.

1, 3, 4, 5
2, 4

18, 21, 25.
2

2, 5

3, 5

6.      Soal Iman kepada Qada dan Qadar
A.    Pilihan Ganda
1)      Takdir atau ketentuan Allah yang pasti terjadi dan tidak bisa dirubah disebut takdir…
a.       Asgar
b.      Mualaq
c.       Mubram
d.      Sunatullah
e.       Ikhtiar
2)      Berikut ini adalah ketentuan Allah yang tidak bisa dielakan dan dirubah dengan jalan ikhtiar adalah…
a.       Kelahiran seorang anak
b.      Kenakalan anak
c.       Mendapatkan penghargaan
d.      Menjadi ketua kelas
e.       Sifat yang ada dalam diri seseorang
3)      Tempat dimana Allah menuliskan segala ketentuan adalah…
a.       Al-Quran
b.      Mushaf para nabi
c.       Lauhul mahfuz
d.      ‘Arsy
e.       Langit ketujuh
4)      Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nikmat yang ada pada suatu kaum sehingga mereka itu berusaha…
a.       Menjadi orang yang bertakwa
b.      Mempelajari ilmu pengetahuan berguna
c.       Mengubah nasibnya sendiri
d.      Dengan sekuat tenaga
5)      Dua jalan sebagaimana yang dimaksudkan dalam surat Al-Balad ayat 10 adalah…
a.       Pahala dan dosa
b.      Tawakal dan ikhtiar
c.       Kebajikan dan kejahatan
d.      Beriman dan ingkar
e.       Ikhlas dan ridha
6)      Ùˆ ثؤ من با لقد ر خير Ù‡ Ùˆ خير Ù‡                                                                             

Arti dari penggalan hadits diatas adalah…
a.       Engkau percaya kepada qadar yang baik ataupun yang buruk
b.      Engkau percaya kepada qada dan qadar Allah
c.       Engkau percaya kepada qada Allah
d.      Engkau percaya kepada qadar Allah
e.       Engkau percaya kepada ketentuan Allah
7)      Beriman kepada qada dan qadar termasuk dalam rukun iman yang ke…
a.       2
b.      3
c.       4
d.      5
e.       6
8)      Rehan lahir di sragen tanggal 2 nopember 2015 merupakan salah satu contoh dari takdir…
a.       Mubram
b.      Muallaq
c.       Illahi
d.      Yaumi
e.       Azali
9)      Ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya dinamakan dengan…
a.       Takdir
b.      Qada
c.       Qadar
d.      Yaumi
e.       Azali
10)  Perintah yang terkandung dalam surat Ar-Radu ayat 11 yakni agar manusia…
a.       Berikhtiar
b.      Beriman
c.       Berdoa
d.      Bertakwa
e.       Beramal saleh
11)  Hasan dilahirkan dalam keluarga yang sederhana. Ia ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, ia menyadari bahwa penghasilan orang tuanya sangat terbatas. Ia belajar dengan tekun, sehingga meraih prestasi tinggi dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi, pernyataan tersebut merupakan takdir…
a.       Mubram
b.      Mualaq
c.       Ilahi
d.      Yaumi
e.       Azali
12)  Percaya dengan sepenuh hati bahwa dalam diriny terdapat ketentuan dan ketetapan Allah, merupakan tanda bagi orang yang…
a.       Bertakwa
b.      Muallaf
c.       Mukalaf
d.      Zindik
e.       Kufur
13)  Berikut ini merupakan sikap seorang muslim yang percaya takdir adalah…
a.       Suudzon
b.      Pesimis
c.       Israf
d.      Tawakal
e.       Takabur
14)  Takdir sebagaiman telah dijelaskan adalah takaran, ukuran, ketetapan, peraturan, undang-undang yang diciptakan Allah tertulis di…
a.       Lauh mahfuz
b.      Kitab
c.       Al-quran
d.      Buku
e.       Alam gaib
15)  Orang yang merasa cukup dengna pemberian dan pembagian Allah atas dirinya berarti ia telah bersikap…
a.       Qanaah
b.      Fatanah
c.       Istiqamah
d.      Takwa
e.       Tumakninah
16)  Seorang yang beriman kepada qada dan qadar tidak boleh putus asa karena Allah berjanji bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam surat…
a.       Alam nasroh:6
b.      Al-baqarah:4
c.       Ali-imran:7
d.      Maryam:5
e.       Humazah:6
17)  Dalil naqli yang menjelaskan tentang anjuran bertawakal bagi orang-orang yang beriman adalah…
a.       At-taubah:31
b.      Al-baqarah:36
c.       An-nisa:53
d.      Ali-imran:159
e.       An-nahl:35
18)  Sikap yang harus dikembangkan oleh seorang mukmin yang beriman kepada qada dan qadar adalah…
a.       Husnudzon
b.      Namimah
c.       Fitnah
d.      Hasad
e.       Gasab
19)  Riyan akhirnya berhasil menjadi seorang arsitektur. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari takdir…
a.       Mubram
b.      Mualaq
c.       Azali
d.      Ilahi
e.       Zany
20)  Telah meninggal dunia farid bin mujahid tanggal 22 maret 2016. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari takdir…
a.       Mubram
b.      Mualaq
c.       Azali
d.      Ilahi
e.       Zany
21)  Seseorang yang rajin belajar dan berdoa akan mendorong untuk meraih kesuksesan seperti cita-citakan. Hal ini berkaitan dengan takdir…
a.       Mubram
b.      Mualaq
c.       Alahi
d.      Qada
e.       Allah
22)  Setiap muslim diwajibkan untuk berikhtiar dengan sekuat tenaga atau kemampuan, sedangkan keputusannya tergantung kepada…
a.       Keajaiban
b.      Allah
c.       Kita sendiri
d.      Usahanya
e.       Orang tua
23)  Surat Ali-imran ayat 159, menjelaskan bahwa yang dicintai Allah adalah orang yang…
a.       Beriman
b.      Beramal saleh
c.       Bertawakal
d.      Berbudi luhur
e.       Berbaik sangka
24)  Setiap manusia tidak akan memperoleh selain apa yang…
a.       Disukainya
b.      Diusahakannya
c.       Direncanakannya
d.      Dikehendakinya
e.       Dicita-citakannya
25)  Sikap tawakal yang benar akan muncul setelah seorang muslim…
a.       Berusaha sekadarnya
b.      Pesimis dalam menghadapi masa depan
c.       Berikhtiar dengan sekuat tenaga dan pikiran
d.      Merasa putus asa karena musibah
e.       Bertawakal kepada Allah tanpa berusaha

B.     Menjodohkan
Soal
Jawaban
1.      Usaha yang ditempuh agar suatu usaha bisa berhasil
a.       Fardu’ain
2.      sikap perilaku yang benar ketika mendapat cobaan
b.      takdir yang erat kaitannya dengan ikhtiar manusia
3.      Hukum beriman kepada qada dan qadar
c.       Paham yang hanya berserah diri kepada nasib tanpa adanya usaha
4.      Pengertian Takdir mualaq
d.      Rida dan ikhlas dalam menjalani
5.      Pengertian Takdir mubram
e.       Berserah diri kepada Allah setelah berusaha sekuat mungkin
6.      Pengertia Fatalisme
f.       Berikhtiar dan tawakal kepada Allah
7.      Pengertian tawakal
g.      Takdir yang ditetapkan pada diri manusia yg tdk dapat di usahakan dan ditawar lagi.
8.      Tanda-tanda beriman kepada qada dan qadar
h.      Melatih diri untuk bersyukur dan bersabar
9.      Hikmah beriman kepada qada dan qadar
i.        Arti qadar (ketentuan)
10.  Isi surat Al-Mursalat
j.        Menyadari bahwa segala nikmat dan cobaan adalah ujian dari Allah

C.     Isian singkat
1)      Manusia telah ditetapkan oleh Allah atas ajal, rezeki, dan jodoh. Hal tersebut merupakan takdir…
2)      Berserah diri kepada Allah setelah berikhtiar dinamakan dengan…
3)      Allah menerangkan bahwa jika Allah menghendaki sesuatu, cukup berkata dengan “kun fayakun”. Hal ini seperti yang dijelaskan Allah dalam surat…
4)      Sikap yang tepat ketika mendapatkan cobaan dari Allah adalah…
5)      Surat Ar-radu ayat 11, Allah memerintahkan kepada umat manusia untuk…
6)      Sikap yang hanya menyerahkan hidupnya pada nasib tanpa berusaha dinamakan dengan…
7)      Dalam surat At-talaq ayat 3 Allah menerangkan bahwa barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan…
8)      Berdasarkan surat An-nisa ayat 65, kata qadar berarti…
9)      Dalam surat Al-ahzab ayat 38, lafal takdir artinya…
10)  Yang merupakan dalil naqli tentang beriman kepada qada dan qadar adalah…
D.    Essay
1)      Jelaskan pengertian iman kepada qada dan qadar…
2)      Berikanlah contoh takdir mualaq dan takdir mubram…
3)      Sebutkan tanda-tanda beriman kepada qada dan qadar…
4)      Menurut al-ghazali, orang yang bertawakal terbagi menjadi 4, yaitu…
5)      Sebutkan hikmah beriman kepada qada dan qadar…

E.     Kunci jawaban
a)      Pilihan Ganda

1.      C
2.      A
3.      C
4.      C
5.      C
6.      A
7.      E
8.      A
9.      A
10.  A
11.  B
12.  A
13.  D
14.  A
15.  A
16.  A
17.  D
18.  A
19.  A
20.  B

21.  A
22.  B
23.  C
24.  B
25.  C


b)      Menjodohkan
1)      F
2)      D
3)      A
4)      B
5)      G
6)      C
7)      E
8)      J
9)      H
10)  I
c)      Isian singkat
1)      Mubram
2)      Tawakal
3)      Ali-Imran: 47
4)      Ikhlas dan ridah
5)      Berikhtiar
6)      Fatalism
7)      Mencukupkan keperluannya
8)      Kepurusan
9)      Ketetapan
10)  Al-Ahzab: 38
d)     Essay
1)      Iman kepada qada dan qadar adalah percaya bahwa segala apa yang terjadi di alam semesta ini, adanya pergantian siang dan malam dll merupakan kehendak dan ketentuan Allah.
2)      Contoh takdir mualaq : untuk mencapai cita-citanya ia belajar dengan tekun sehingga apa yang diinmpikan menjadi kenyataan.
Contoh takdir mubram : ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit, dengan kulit hitam, kulit putih. Dll
3)      Tnda beriman kepada ada dan qadar.
a. menyadari sepenuh hati bahwa apa yang diperoleh didunia merupakan ketentuan dan kehendak Allah.
b. menyadari bahwa segala nikmat dan cobaan adalah ujian dari Allah.
c. menyadari bahwa ia tidak akan mengetahui apa yang akan menimpa dirinya cobaan atau nikmat.
4)  Orang yang bertawakal:
a. orang yang berusaha memeroleh sesuatu yang dapat membawa     manfaat kepadanya.
b. orang yang berusaha memelihara sesuatu yang dimilikinya supaya menimbulkan hal-hal yang bermanfaat.
c. Orang-orang yang menolak dan menghindarkan diri dari hal-hal yang akan menimbulkan mudarat.
d. orang yang berusaha menghilangkan mudarat pada dirinya.
5)  Hikmah beriman kepada qada dan qadar:
a.    melatih diri untuk bersyukur dan bersabar.
    b. menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa.
    c. Memupuk sifat optimis dan giat bekerja.
    d. menenangkan jiwa.
F. Pedoman penskoran
Dari 50 soal yang terdiri dari :
Pilihan ganga 25 soal        : skor 1 jumlah 25
Menjodohkan 10 soal        : skor 2 jumlah 20
Essay singkat 10 soal        : skor 2 jumlah 20
Essay 5 soal                       : skor 3 jumlah 15
Skor maks 80
                Nilai akhir = Jumlah benar : Skor maks x 100
    Contoh nilai akhir = 70 : 80 x 100 = 87,5




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar