Tugas ujian tengah semester
Mata Kuliah :
Pengembangan Sistem Evaluasi
Dosen Pengampu :
Imam Faizin, S.S, S.Pd.I., M.S.I

Sundari
Yulianingsih
(3130010)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
PEMALANG
Tahun
Ajaran 2015/2016
1. Dalam
pembelajaran perlu dilaksanakan penilaian karena untuk memperoleh, menganalisa
dan menafsirkan proses dan hasil belajar siswa, penilaian tersebut dilakukan
secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna
dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian
kompetensi yang telah ditentukan.
2. Taksonomi
Bloom
a. Ranah
kognitif (al Nahiyah al fikriyah)
Ranah
kognitif merupakan ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Ranah ini
meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah
dipelajari, yang berkenaan dengan kemampuan berpikir, kompetensi memperoleh
pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran.
b. Ranah
Afektif (Al Nahiyah Al Mauqifiyah)
Ranah
afektif merupakan ranah yang berkaitan dengan sikap, nilai perasaan, emosi
serta derajat penerimaan atau penolakan suatu objek dalam kegiatan belajar
mengajar.
c. Ranah
Psikomotorik (Al Nahiyah Al Harakah)
Ranah
psikomotori merupakan ranah yang berkaiatan dengan keterampilan atau kemampuan
bertindak setelah seseorang mendapatkan pengetahuan atau menerima pengalaman
belajar tertentu. Ranah ini meliputi kompetensi melakukan pekerjaan dengan
melibatkan anggota badan serta kompetensi yang berkaitan dengan gerak fisik
(motoric) yang terdiri dari gerakan reflex, keterampilan gerakan dasar,
kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan
interperatif.
3. Pengertian
evaluasi:
a. Evaluasi
non tes adalah penilaian yang mengukur kemampuan siswa secara langsung dengan
tugas-tugas real dalam proses pembelajaran. Missal;keterampilan menulis dll.
b. Evaluasi
angket adalah sebuah set pertanyaan yang secara logis berhubungn dengan masalah
penelitian, dan tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makan
dalam menguji hipotesis. Daftar tersebut dibuat cukup terperinci dan lengkap.
c. Evaluasi
rubric adalah panduan penilaian yang menggambarkan kriteria yang diinginkan
guru dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil pekerjaan sisiwa. Rubric
perlu memuat daftar karakteristik yang diinginkan yang perlu ditunjukan dalam
suatu pekerjaan siswa disertai dengan panduan untuk mengevaluasi masing-masing
karakteristik tersebut.
d. Evaluasi
jurnal adalah catatan, pendidik selama proses pembelajaran yang berisi
informasi hasil pengamtan terhadap kekuatan dan kelemahan peserta didik yang
berkaitan dengan kinerja ataupun sikap dan perilaku peserta didik yang
dipaparkan secara deskriptif.
e. Evaluasi
portofolio adalah kumpulan dokumen dan karya karya peserta didik dalam bidang
tertentu yang diorganisasikan.
f. Evaluasi
observasi adalah penilaian yang dilakukan melalui pengamatan terhadap peserta
didik selama proses pembelajaran berlangsung dan atau diluar kegiatan
pembelajaran.
g. Evaluasi
wawancara adalah penilaian non tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi
tertentu tentang keadaan responden dengan jalan Tanya jawab sepihak, atau
dengan kata lain wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang
dilakukan dengan cara tanya jawab sepihak secara lisan.
Contoh instrument PAI
penilaian angket:
Mohon dijawab sesuai
dengan situasi yang sebenarnya, dengan memberi tanda (v) pada kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan:
SS: Sangat Sesuai
S : Sesuai
KS: Kurang Sesuai
TS: Tidak Sesuai
STS: Sangat Tidak
Sesuai
Penyataan : ketika
menafsirkan ayat Al-Quran surat Al-Kafirun, saya sulit memahami maksud dan arti
surat tersebut.
Jawaban:
SS S KS TS STS
V
4. Sikap
sosial
Sikap
sosial yang diamati, meliputi:
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tanggung
jawab
4. Santun
Rubric
penilaian sikap sosial
kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Jujur
|
Tindakan
selalu sesuai dengan ucapan.
|
Tindakan
kadang-kadang sesuai dengan ucapan
|
Tindakan
kurang sesuai dengan ucapan.
|
Tindakan
tidak sesuai dengan ucapan.
|
Disiplin
|
Mampu
menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri.
|
Mampu
menjalankan aturan dengan pengarahan guru.
|
Kurang
mampu menjalankan.
|
Belum
mampu menjalankan aturan.
|
Tanggung
jawab
|
Tertib
mengikuti instruksi dan selesai tepat waktu.
|
Tertib
mengikuti instruksi dan selesai tidak tepat waktu
|
Kurang
mengikuti instruksi dan selesai tidak tepat waktu.
|
Tidak
tertib dan tidak menyelesaikan tepat waktu
|
Santun
|
Berbahasa
positif dan bersikap sopan
|
Berbahasa
positif tapi bersikap kurang sopan
|
Berbahasa negative dan bersikap kurang sopan
|
Berbahasa
negative dan tidak sopan
|
Contoh
nilai sikap silfi:
Ananda
sudah bisa menunjukan perilaku disiplin yang baik, dan masih memerlukan
bimbingan dalam bertanggung jawab dan jujur.
Format
rekap nilai sikap sosial:
No
|
Nama
|
|
Sumber
|
penilaian
|
|
Skala
|
|
Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggungjawb
|
dsb
|
Predikat
|
1.
|
Silfa
|
3
|
3
|
3
|
|
3
(B)
|
2.
|
Harun
|
2
|
3
|
2
|
|
2 (C)
|
5. Kisi-kisi
soal iman kepada qada dan qadar
No
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
soal
|
No.
soal
|
1.
2.
|
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada qada dan qadar.
Menerapkan
hikmah kepada qada dan qadar.
|
Iman
kepada qada dan qadar
|
·
Siswa mampu
memahami dan menjelaskan pengertian iman kepada qada dan qadar.
·
Siswa mampu
memahami dan menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qada dan qadar.
·
Siswa mampu
mengidentifikasi dan menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qada dan
qadar,
|
·
Pilda
· Menjodohkan
· Isian singkat
· Essay
· Pilihan ganda
· Menjodohkan
· Isian singkat
· Essay
· Pilihan ganda
· Menjodohkan
· Isian singkat
· Essay
|
1,
3, 4, 5, 6, 7, 9, 10, 13, 14, 15, 17, 22, 23, 24
4,
5, 6, 10.
6,
7, 8, 9, 10
1
2,
8, 11, 12, 15, 18, 19
1,
3, 7, 8, 9.
1,
3, 4, 5
2,
4
18,
21, 25.
2
2,
5
3,
5
|
6. Soal
Iman kepada Qada dan Qadar
A. Pilihan
Ganda
1) Takdir
atau ketentuan Allah yang pasti terjadi dan tidak bisa dirubah disebut takdir…
a. Asgar
b. Mualaq
c. Mubram
d. Sunatullah
e. Ikhtiar
2) Berikut
ini adalah ketentuan Allah yang tidak bisa dielakan dan dirubah dengan jalan
ikhtiar adalah…
a. Kelahiran
seorang anak
b. Kenakalan
anak
c. Mendapatkan
penghargaan
d. Menjadi
ketua kelas
e. Sifat
yang ada dalam diri seseorang
3) Tempat
dimana Allah menuliskan segala ketentuan adalah…
a. Al-Quran
b. Mushaf
para nabi
c. Lauhul
mahfuz
d. ‘Arsy
e. Langit
ketujuh
4) Sesungguhnya
Allah tidak akan mengubah nikmat yang ada pada suatu kaum sehingga mereka itu
berusaha…
a.
Menjadi orang
yang bertakwa
b.
Mempelajari ilmu
pengetahuan berguna
c.
Mengubah
nasibnya sendiri
d.
Dengan sekuat
tenaga
5) Dua
jalan sebagaimana yang dimaksudkan dalam surat Al-Balad ayat 10 adalah…
a.
Pahala dan dosa
b.
Tawakal dan
ikhtiar
c.
Kebajikan dan
kejahatan
d.
Beriman dan
ingkar
e.
Ikhlas dan ridha
6) و ثؤ من با
لقد ر خير ه و خير ه
Arti dari penggalan
hadits diatas adalah…
a.
Engkau percaya
kepada qadar yang baik ataupun yang buruk
b.
Engkau percaya
kepada qada dan qadar Allah
c.
Engkau percaya
kepada qada Allah
d.
Engkau percaya
kepada qadar Allah
e.
Engkau percaya
kepada ketentuan Allah
7) Beriman
kepada qada dan qadar termasuk dalam rukun iman yang ke…
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
e.
6
8) Rehan
lahir di sragen tanggal 2 nopember 2015 merupakan salah satu contoh dari takdir…
a.
Mubram
b.
Muallaq
c.
Illahi
d.
Yaumi
e.
Azali
9) Ketentuan
suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi
kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya
dinamakan dengan…
a.
Takdir
b.
Qada
c.
Qadar
d.
Yaumi
e.
Azali
10) Perintah
yang terkandung dalam surat Ar-Radu ayat 11 yakni agar manusia…
a.
Berikhtiar
b.
Beriman
c.
Berdoa
d.
Bertakwa
e.
Beramal saleh
11) Hasan
dilahirkan dalam keluarga yang sederhana. Ia ingin melanjutkan pendidikan
kejenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, ia menyadari bahwa penghasilan orang
tuanya sangat terbatas. Ia belajar dengan tekun, sehingga meraih prestasi
tinggi dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi,
pernyataan tersebut merupakan takdir…
a.
Mubram
b.
Mualaq
c.
Ilahi
d.
Yaumi
e.
Azali
12) Percaya
dengan sepenuh hati bahwa dalam diriny terdapat ketentuan dan ketetapan Allah,
merupakan tanda bagi orang yang…
a.
Bertakwa
b.
Muallaf
c.
Mukalaf
d.
Zindik
e.
Kufur
13) Berikut
ini merupakan sikap seorang muslim yang percaya takdir adalah…
a.
Suudzon
b.
Pesimis
c.
Israf
d.
Tawakal
e.
Takabur
14) Takdir
sebagaiman telah dijelaskan adalah takaran, ukuran, ketetapan, peraturan,
undang-undang yang diciptakan Allah tertulis di…
a.
Lauh mahfuz
b.
Kitab
c.
Al-quran
d.
Buku
e.
Alam gaib
15) Orang
yang merasa cukup dengna pemberian dan pembagian Allah atas dirinya berarti ia
telah bersikap…
a.
Qanaah
b.
Fatanah
c.
Istiqamah
d.
Takwa
e.
Tumakninah
16) Seorang
yang beriman kepada qada dan qadar tidak boleh putus asa karena Allah berjanji
bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam
surat…
a. Alam
nasroh:6
b. Al-baqarah:4
c. Ali-imran:7
d. Maryam:5
e. Humazah:6
17) Dalil
naqli yang menjelaskan tentang anjuran bertawakal bagi orang-orang yang beriman
adalah…
a. At-taubah:31
b. Al-baqarah:36
c. An-nisa:53
d. Ali-imran:159
e. An-nahl:35
18) Sikap
yang harus dikembangkan oleh seorang mukmin yang beriman kepada qada dan qadar
adalah…
a. Husnudzon
b. Namimah
c. Fitnah
d. Hasad
e. Gasab
19) Riyan
akhirnya berhasil menjadi seorang arsitektur. Pernyataan tersebut merupakan
contoh dari takdir…
a. Mubram
b. Mualaq
c. Azali
d. Ilahi
e. Zany
20) Telah
meninggal dunia farid bin mujahid tanggal 22 maret 2016. Pernyataan tersebut
merupakan contoh dari takdir…
a. Mubram
b. Mualaq
c. Azali
d. Ilahi
e. Zany
21) Seseorang
yang rajin belajar dan berdoa akan mendorong untuk meraih kesuksesan seperti
cita-citakan. Hal ini berkaitan dengan takdir…
a. Mubram
b. Mualaq
c. Alahi
d. Qada
e. Allah
22) Setiap
muslim diwajibkan untuk berikhtiar dengan sekuat tenaga atau kemampuan,
sedangkan keputusannya tergantung kepada…
a. Keajaiban
b. Allah
c. Kita
sendiri
d. Usahanya
e. Orang
tua
23) Surat
Ali-imran ayat 159, menjelaskan bahwa yang dicintai Allah adalah orang yang…
a.
Beriman
b.
Beramal saleh
c.
Bertawakal
d.
Berbudi luhur
e.
Berbaik sangka
24) Setiap
manusia tidak akan memperoleh selain apa yang…
a.
Disukainya
b.
Diusahakannya
c.
Direncanakannya
d.
Dikehendakinya
e.
Dicita-citakannya
25) Sikap
tawakal yang benar akan muncul setelah seorang muslim…
a.
Berusaha
sekadarnya
b.
Pesimis dalam
menghadapi masa depan
c.
Berikhtiar
dengan sekuat tenaga dan pikiran
d.
Merasa putus asa
karena musibah
e.
Bertawakal
kepada Allah tanpa berusaha
B. Menjodohkan
Soal
|
Jawaban
|
1.
Usaha yang
ditempuh agar suatu usaha bisa berhasil
|
a.
Fardu’ain
|
2.
sikap perilaku
yang benar ketika mendapat cobaan
|
b.
takdir yang
erat kaitannya dengan ikhtiar manusia
|
3.
Hukum beriman
kepada qada dan qadar
|
c.
Paham yang
hanya berserah diri kepada nasib tanpa adanya usaha
|
4.
Pengertian Takdir
mualaq
|
d.
Rida dan
ikhlas dalam menjalani
|
5.
Pengertian Takdir
mubram
|
e.
Berserah diri
kepada Allah setelah berusaha sekuat mungkin
|
6.
Pengertia
Fatalisme
|
f.
Berikhtiar dan
tawakal kepada Allah
|
7.
Pengertian
tawakal
|
g.
Takdir yang
ditetapkan pada diri manusia yg tdk dapat di usahakan dan ditawar lagi.
|
8.
Tanda-tanda
beriman kepada qada dan qadar
|
h.
Melatih diri
untuk bersyukur dan bersabar
|
9.
Hikmah beriman
kepada qada dan qadar
|
i.
Arti qadar
(ketentuan)
|
10.
Isi surat
Al-Mursalat
|
j.
Menyadari
bahwa segala nikmat dan cobaan adalah ujian dari Allah
|
C. Isian
singkat
1) Manusia
telah ditetapkan oleh Allah atas ajal, rezeki, dan jodoh. Hal tersebut
merupakan takdir…
2) Berserah
diri kepada Allah setelah berikhtiar dinamakan dengan…
3) Allah
menerangkan bahwa jika Allah menghendaki sesuatu, cukup berkata dengan “kun
fayakun”. Hal ini seperti yang dijelaskan Allah dalam surat…
4) Sikap
yang tepat ketika mendapatkan cobaan dari Allah adalah…
5) Surat
Ar-radu ayat 11, Allah memerintahkan kepada umat manusia untuk…
6) Sikap
yang hanya menyerahkan hidupnya pada nasib tanpa berusaha dinamakan dengan…
7) Dalam
surat At-talaq ayat 3 Allah menerangkan bahwa barangsiapa yang bertawakal
kepada Allah, maka Allah akan…
8) Berdasarkan
surat An-nisa ayat 65, kata qadar berarti…
9) Dalam
surat Al-ahzab ayat 38, lafal takdir artinya…
10) Yang
merupakan dalil naqli tentang beriman kepada qada dan qadar adalah…
D. Essay
1) Jelaskan
pengertian iman kepada qada dan qadar…
2) Berikanlah
contoh takdir mualaq dan takdir mubram…
3) Sebutkan
tanda-tanda beriman kepada qada dan qadar…
4) Menurut
al-ghazali, orang yang bertawakal terbagi menjadi 4, yaitu…
5) Sebutkan
hikmah beriman kepada qada dan qadar…
E. Kunci
jawaban
a) Pilihan
Ganda
1. C
2. A
3. C
4. C
5. C
6. A
7. E
8. A
9. A
10. A
|
11. B
12. A
13. D
14. A
15. A
16. A
17. D
18. A
19. A
20. B
|
21. A
22. B
23. C
24. B
25. C
|
b) Menjodohkan
1) F
2) D
3) A
4) B
5) G
6) C
7) E
8) J
9) H
10) I
c) Isian
singkat
1) Mubram
2) Tawakal
3) Ali-Imran:
47
4) Ikhlas
dan ridah
5) Berikhtiar
6) Fatalism
7) Mencukupkan
keperluannya
8) Kepurusan
9) Ketetapan
10) Al-Ahzab:
38
d) Essay
1) Iman
kepada qada dan qadar adalah percaya bahwa segala apa yang terjadi di alam
semesta ini, adanya pergantian siang dan malam dll merupakan kehendak dan
ketentuan Allah.
2) Contoh
takdir mualaq : untuk mencapai cita-citanya ia belajar dengan tekun sehingga
apa yang diinmpikan menjadi kenyataan.
Contoh takdir mubram :
ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit, dengan kulit hitam, kulit putih.
Dll
3) Tnda
beriman kepada ada dan qadar.
a. menyadari sepenuh
hati bahwa apa yang diperoleh didunia merupakan ketentuan dan kehendak Allah.
b. menyadari bahwa
segala nikmat dan cobaan adalah ujian dari Allah.
c. menyadari bahwa ia tidak akan
mengetahui apa yang akan menimpa dirinya cobaan atau nikmat.
4) Orang yang
bertawakal:
a. orang yang berusaha
memeroleh sesuatu yang dapat membawa
manfaat kepadanya.
b. orang yang berusaha
memelihara sesuatu yang dimilikinya supaya menimbulkan hal-hal yang bermanfaat.
c. Orang-orang yang
menolak dan menghindarkan diri dari hal-hal yang akan menimbulkan mudarat.
d. orang yang berusaha
menghilangkan mudarat pada dirinya.
5) Hikmah
beriman kepada qada dan qadar:
a.
melatih diri
untuk bersyukur dan bersabar.
b. menjauhkan diri dari sifat sombong dan
putus asa.
c. Memupuk sifat optimis dan giat bekerja.
d. menenangkan jiwa.
F.
Pedoman penskoran
Dari
50 soal yang terdiri dari :
Pilihan
ganga 25 soal : skor 1 jumlah 25
Menjodohkan
10 soal : skor 2 jumlah 20
Essay
singkat 10 soal : skor 2 jumlah 20
Essay
5 soal : skor 3
jumlah 15
Skor
maks 80
Nilai akhir = Jumlah benar : Skor maks x 100
Contoh nilai akhir = 70 : 80 x 100 = 87,5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar